Monday, December 6, 2010

7 Alasan Selalu Merasa Lapar

    
Sering merasa lapar meskipun Anda baru saja makan? Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda bisa jadi penyebabnya. Selain itu meninggalakan sarapan ternyata juga bisa jadi alasan utama lho! Simak infonya di sini.

Tidak sedikit orang yang merasakan lapar, padahal baru saja makan siang. Hal ini jangan dibiarkan begitu saja karena bisa-bisa menyebabkan obesitas atau timbulnya penyakit lain yang bisa mengganggu sistem dalam tubuh kita. Nah, jika Anda merasakan demikian coba perhatikan beberapa alasan berikut mungkin ada salah satu diantaranya yang menjadi penyebabnya.

1. Terlalu Banyak Soda
Minuman bersoda ataupun yang berkarbonasi biasanya menggunakan pemanis tambahan yang cukup banyak. Penelitian yang dilakukan di University of California ,San Francisco bahwa kandungan fructosa (pemanis dalam soda) justru memicu otak untuk selalu memikirkan makanan. Meskipun kondisi perut masihlah kenyang.

2. Makanan Kaleng
Makanan kaleng memang jadi solusi praktis untuk Anda yang sibuk dan tak ada waktu banyak untuk memasak. Sedangkan di dalam makanan kaleng banyak mengandung chemical bisphenol-A, atau yang biasa disebut BPA. Dan menurut studi di Harvard University, kandungan bahan kimia itu bisa mengakibatkan Anda mudah sekali lapar.

3. Tak Sempat Sarapan
Banyak orang meninggalkan sarapan karena malas, atau takut gendut karena harus sarapan. Padahal, sarapan justru mencegah Anda merasa lapar di jam-jam yang tidak seharusnya. Dan pastinya menjadi sumber energi untuk Anda bisa beraktifitas seharian.

4. Kurang Sayur
Sayuran hijau banyak sekali mengandung vitamin B yang bisa membantu pencernaan bekerja lebih baik. Beberapa sayuran hijau juga mengandung vitamin K, nutrisi penghasil insulin yang bisa mengurangi perasaan lapar. Jadi bisa dipastikan jika Anda kekurangan sayur Anda akan merasakan lapar lebih sering.

5. Sediakan Waktu Minum teh
Berdasarkan studi the Journal of the American College of Nutrition, orang yang meminum secangkir teh hitam setelah makan makanan yang tinggi karbo akan menurunkan level gula darah hingga 10%. Kegiatan minum teh ini dilakukan setelah 2 jam setelah Anda makan. Hal ini membuat Anda akan merasakan kenyang lebih lama dibandingkan jika Anda tidak memminum teh, dengan catatan teh ini disajikan tanpa gula.

6. Tidak cukup Cairan
Dehidrasi juga sering menjadi penyebab seseorang merasa lapar lebih sering tanpa disadari. Jika Anda merasakan lapar setelah makan, minumlah segelas air sebelum Anda memutuskan untuk makan lagi.

7. Bosan
Rasa bosan terhadap satu jenis makanan juga bisa menjadi penyebab nya. Jadi Anda selalu merasa tak puas dan tidak pernah merasa kenyang meskipun sudah makan. Anda akan merasakan lapar ketika melihat jenis makanan lain yang ada di hadapan Anda.

No comments:

Post a Comment