Wednesday, December 8, 2010

Makanan Memicu Migren?



Migren merupakan sakit kepala yang ditandai nyeri di satu sisi kepala disertai rasa mual dan lebih banyak diderita kaum perempuan. Walaupun belum ada bukti ilmiah, namun sebagian besar kasus migren ternyata berkaitan dengan makanan tertentu.

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan Cephalalgia, sekelompok pasien migren dites kadar antibodi IgG terhadap 266 jenis makanan pencetus alergi. Antibodi merupakan indikasi respon imun tubuh terhadap makanan tertentu.

Pertama-tama, seluruh pasien diberi jenis makanan yang dalam tubuh pasien itu sudah ada antibodinya. Kemudian, mereka diberi jenis makanan yang antibodinya sudah dihilangkan sehingga tidak akan menyebabkan alergi.

Dibandingkan dengan frekuensi terjadinya migren pada pasien, ternyata jika pasien itu melakukan pantangan terhadap makanan yang memicu reaksi alergi, kekambuhan migrennya jadi berkurang. Peneliti menyimpulkan, kaitan antara migren dan jenis makanan tertentu mungkin bersifat imunologi.

Makanan pemicu alergi dan juga mencetuskan migren sangat bervariasi pada tiap individu. Namun, cukup banyak kasus migren dipicu oleh makanan seperti cokelat, keju, bumbu masak (monosodium glutamat), pemanis buatan, alkohol, dan kafein.

No comments:

Post a Comment