Monday, December 6, 2010

10 Tanda Siap Mencari Cinta Usai Patah Hati

Putus cinta pasti menimbulkan perasaan sedih, kecewa, marah bahkan trauma. Tetapi, tidak mungkin Anda selamanya tenggelam dalam perasaan tersebut karena justru akan merugikan diri sendiri.

Setelah putus hubungan, banyak orang yang langsung kembali menjalin hubungan hanya untuk 'pelarian'. Hal ini sebenarnya tidak akan menyembuhkan perasaan sakit hati, tetapi justru akan membuat Anda makin bingung, dan malah menyakiti orang lain.

'Pelarian' bukanlah jalan yang tepat untuk mengatasi patah hati. Menurut Jennifer Oikle, Ph.D., psikolog yang juga konselor hubungan, setelah putus cinta ada masa-masa peralihan dan sebaiknya lewati masa-masa itu dengan baik sebelum memulai hubungan baru.

"Pastikan Anda sudah siap memulai hubungan baru setelah putus cinta. Jangan sampai memulai hubungan saat kondisi psikologis tidak siap, karena bisa berakhir negatif," kata Jennifer, seperti dikutip dari Galtime.com.

Ada sepuluh tanda jika Anda sudah benar-benar siap menjalin hubungan baru dan bukan dengan alasan pelarian. Pastikan tanda-tanda berikut sudah Anda alami sebelum menjalin hubungan baru.

1. Anda sudah melewati setidaknya 3-6 bulan, dan tidak lagi merasa seperti perlu mendapatkan pasangan baru untuk bisa bertahan hidup.

2. Anda merasa sudah cukup baik dalam bersikap

3. Anda merasa percaya diri

4. Perasaan sudah stabil, tidak tiba-tiba sedih saat mendengar lagu favorit mantan kekasih

5. Anda bisa mendengar opini dan kritikan orang lain

6. Apa yang Anda lakukan tidak lagi berorientasi pada apa yang dipikirkan orang lain

7. Anda tidak lagi peduli dengan mantan kekasih, emosi Anda pun statis saat mendengar namanya.

8. Saat memikirkan masa lalu, Anda justru bersyukur dengan pengalaman yang didapat dan bisa menjelaskan apa yang Anda pelajari dari hubungan yang gagal. Jika Anda tidak merasakannya dan justru muncul penyesalan atau menyalahkan diri sendiri, berarti Anda belum siap.

9. Anda memiliki hobi dan persahabatan yang erat, serta tidak mau meninggalkannya begitu saja hanya karena seorang pria.

10. Sahabat mulai memperkenalkan Anda pada seorang pria, atau meminta Anda mencari pasangan. Mereka bisa jadi orang pertama tahu ketika Anda sudah siap menjalai hubungan yang serius dengan segala risikonya.

No comments:

Post a Comment