Saturday, December 18, 2010

Terlalu Banyak Tidur Juga Bikin Kantong Mata Membesar



Lingkaran hitam serta bengkak di sekitar mata sering dikaitkan dengan kebiasaan kerja lembur atau kurang tidur. Padahal tak selamanya demikian, sebab terlalu banyak tidur ternyata juga bisa memicu terbentuknya kantong mata.

Bagi yang sangat memperhatikan penampilan, kantong mata yang bengkak dan menghitam tentu sangat mengganggu. Lain halnya saat seseorang butuh pencitraan, kantong mata justru bisa memberi kesan sebagai pekerja keras yang tak kenal lelah.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab sebenarnya pemicu utama terbentuknya kantong mata adalah faktor penuaan dan penumpukan cairan. Tidak selalu karena kurang tidur, sebab nyatanya terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan mata membengkak.

Proses penuaan menyebabkan jaringan di sekitar mata menjadi tipis dan mengendur. Jaringan yang longgar ini mudah terisi cairan sehingga tampak bengkak, sementara pembuluh darah yang juga melebar membuat warna di sekitar jaringan tersebut menjadi lebih gelap.

Robert Shmerling, MD, seorang editor di Harvard Health Publication mengatakan penumpukan cairan lebih mudah terjadi tubuh berada dalam posisi berbaring. Posisi horisontal memudahkan cairan bergerak menuju jaringan yang mengendur lalu menumpuk di tempat tersebut.

"Semakin banyak tidur maka kantong mata semakin mudah terbentuk jika memang jaringan di sekitar mata telah mengalami penuaan,"

Selain terkait masalah tidur, Shmerling mengatakan kantong mata juga dipicu oleh beberapa kondisi seperti alergi, premenstruasi, konsumsi garam berlebih, keturunan dan efek samping obat. Bisa juga menandakan adanya masalah di hati, terutama jika disertai keluarnya keringat di sekitar mata.

Sedangkan untuk meredakan bengkak pada kantong mata, ada banyak cara meski belum ada satupun yang terbukti secara ilmiah. Bahkan untuk mengencangkan kembali pembuluh darah yang mengendur, sebagian orang menyarankan untuk memakai krim obat haemorrhoid (wasir) di sekitar mata.

Beberapa cara yang lebih aman dan paling sering dilakukan untuk meredakan bengkak pada kantong mata antara lain sebagai berikut:
  1. Kompres dengan teh celup yang telah direndam dengan air dingin
  2. Kompres dengan irisan timun, lemon atau tomat
  3. Kompres dengan bola katun yang direndam minyak mawar
  4. Kurangi konsumsi garam untuk menghindari penumpukan cairan.

No comments:

Post a Comment