Monday, December 6, 2010

Kebiasaan Makan Sehat Berawal dari Rumah

   
Mulai khawatir dengan kebiasaan si kecil yang hobi jajan di luar? Untuk menanamkan kebiasaan pada si kecil, ada baiknya dimulai dari diri sendiri. Cobalah membuat bekal buat si kecil atau selipkan maknan sehat dalam menu tiap hari. 

Seberapa sering si kecil mampir di rak cokelat, permen ataupun snack saat ada di pasar swalayan? Pastinya tiap kali berbelanja, mereka akan berhenti lebih lama di bagian itu. Seberapa seringkah Anda pernah menyarankan untuk memilih sereal dibandingkan cokelat ataupun permen?

Berikut ini ada lima cara mudah untuk Anda mengajari anak-anak untuk mengkonsumsi makanan yang jauh lebih sehat dibandingkan permen dan makanan ringan yang cenderung mengandung MSG.

1. Jadi Contoh di Rumah
Anak-anak biasanya mencontoh apapun yang dilakukan orang tuanya. Jadi biasakan untuk selalu menyediakan makanan yang bergizi di meja makan. Selalu tepat waktu saat makan, jika Anda disiplin melakukannya anak Anda pasti akan mengikuti yang Anda lakukan. Mudah bukan?

2. Selalu Libatkan Anak dalam Memilih Menu

Setiap menu yang akan disajikan setiap hari, usahakan untuk mengajak anak Anda ikut serta dalam memilih. Seperti halnya memilih buah-buahan sebagai hidangan penutup. Dengan demikian anak Anda akan merasa dianggap penting di rumah. Anda dapat meminta bantuan mereka untuk menentukan menu mingguan juga.

3. Mulai Sedini Mungkin
Semua orang selalu saja rewel tentang makanan, tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Sejak kecil, selalu ajarkan mereka untuk menerima dan mencoba setiap makanan yang ditawarkan. Jangan memaksa, tapi coba tawarkan untuk mencicipi beberapa suap agar anak  tidak langsung menolak salah satu jenis makanan.

4. Makanan bukan Tanda Cinta
Jangan gunakan makanan sebagai tanda menunjukkan kasih sayang Anda atau hadiah terhadap anak-anak. Hal ini mungkin bisa membuat mereka menggunakan makanan sebagai peralihan dari stress atau emosi lainnya.

5. Lebih Aktif

Batasi waktu menonton TV dan bermain komputer, karena hal ini bisa membatasi anak Anda ngemil berlebih. Mulailah mendorong mereka untuk melakukan aktivitas yang mengharuskan mereka bergerak. Mungkin mulai dengan melakukan olah raga bersama-sama.

No comments:

Post a Comment