Monday, December 6, 2010

Buah Segar Bikin Paru-paru Sehat

   
Tenggorokan sering berlendir, batuk atau radang? Jangan keburu mencari obat dan panik. Ada cara gampang buat memelihara kesehatan alat pernafasan. Konsumsi buah segar tertentu bakal bikin pernafasan jadi lebih sehat dan kuat. Bagaimana bisa?

Gangguan pernapasan dengan gejalanya seperti batuk - batuk, sesak napas, atau sakit di daerah dada dapat sangat mengganggu aktivitas. Jangan keburu menelan obat, ada cara sederhana untuk mencegahnya.

Ternyata ada cara sederhana untuk mengurangi gangguan pernafasan. Dengan mengkonsumsi buah - buahan segar kesehatan paru - paru lebih terjaga dan gangguan fungsi pernafasan otomatis akan berkurang atau lenyap. Buah segar apa saja yang sebaiknya dikonsumsi?

1. Buah Jeruk

Vitamin C yang terdapat dalam buah ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang memicu radang paru - paru. Buah - buahan seperti jeruk, lemon dan limau secara alami memiliki anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan jaringan paru - paru seperti asma. Vitamin C juga berperan baik untuk meningkatkan kesehatan paru - paru, dan dapat mengurangi resiko penyakit paru obstruktif kronik pada perokok.

2. Buah Berry

Jenis buah berry seperti blackcurrant, blueberry dan strawberry mengandung resveratrol fitokimia yang kuat, yang secara alami memiliki anti inflamasi, anti pembekuan darah, meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme lemak dan dapat menghambat stress oksidatif yang menyebabkan penyakit kanker paru - paru. Menurut Paul Gross PhD, dalan bukunya "Super Fruits", mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 20%. Berries juga tinggi anthocyanin yang dapat membantu mengurangi kanker paru - paru dan saluran pencernaan.

3. Tomat dan Apel

Mengkonsumsi 3 buah tomat atau 5 buah apel seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini disebabkan oleh adanya phytochemical yang terdapat pada kulit buah tersebut. Zat ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi saluran nafas dari iritasi eksternal. Seperti, polusi dan asap rokok. Selan itu tomat juga kaya akan beta karotein, vitamin A dan likopen, yang dapat memelihara kesehatan mata.

No comments:

Post a Comment