Monday, December 6, 2010

Serai Redam Sakit Kepala

   
Sering sakit kepala akhir-akhir ini? Sakit yang menusuk di sekitar kepala atau bahkan di satu titik saja pasti rasanya sangat menyiksa. Jangan buru-buru minum obat. Dengan bumbu dapaur ini sakait kepala bisa lenyap perlahan. Mau coba?

Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini kadang bisa menyebabkan kondisi tubuh menurun. Pusing atau sakit kepala adalah salah satu penyakit yang umumnya menyerang akibat kelelahan ataupun cuaca yang berubah-ubah. Meskipun terkesan spele, sakit kepala ini kerap mengganggu aktivitas sehari-hari.

Buat menghalau sakit kepala, tak harus menelan obat. Coba saja gunakan serai. Bumbu dapur yang aromanya wangi segar ini biasa dipakai untuk bumbu soto, gulai dan pepes. Serai selama ini juga dikenal karena aroma wanginya tak disukai nyamuk.

Menurut Darren Grice dan Kelly Rogers, peneliti di Griffith University serai mengandung sejenis senyawa yang bisa berperan sebagai aspirin. "Senyawa bernama eugenol inilah yang bertindak sebagai aspirin, menghambat penyumbatan darah dan melepaskan serotonin," ujar Grice.

Serotonin berperan untuk mengatur suasana hati, mengatur selera makan, dan juga mengatur fungsi otot dan juga memori. Sedangkan sakit kepala membuat tubuh kekurangan serotonin. Nah, untuk menghindarinya bisa dengan mengkonsumsi serai sebagai minuman.

Serai bisa dibuat minuman panas, dengan cara direbus bersama jahe dan gula merah. Wedang serai ini juga bisa meredam masuk angin. Jika yang dingin, buatlah teh serai, gunakan serai untuk campuran air yang dipakai menyeduh teh.

No comments:

Post a Comment